Friday, May 24, 2013

Evolusi Yang Terjadi Pada Makhluk Hidup


           Evolusi ialah proses perubahan yang berlangsung sedikit demi sedikit dan memakan waktu yang lama. Ada dua macam evolusi yaitu (1) Evolusi progresif, evolusi menuju pada kemungkinan dapat bertahan hidup (survive); (2) Evolusi regresif, evolusi menuju pada kemungkinan menjadi punah.
Dalam bahasan ini saya akan menjabarkan pendapat dari dua orang ahli Evolusi yang membahas tentang Evolusi Makhluk Hidup. Dalam teori evolusinya, mereka memiliki teori berbeda mengenai munculnya jerapah berleher panjang. Kedua ahli evolusi yang memiliki teori berbeda itu adalah Jean Baptiste Lamarck (1744-1829) dan Charles Darwin (1809-1892).

Teori pertama berasal dari Jean Baptiste Lamarck, menurut teori Lamarck mengatakan moyang jerapah berleher pendek yang membuat leher jerapah menjadi panjang karena jerapah-jerapah selalu berusaha mencapai daun-daun tinggi pada pohon sehingga lehernya seringkali tertarik ke arah memanjang dan akhirnya keturunan berikutnya memiliki leher lebih panjang dari moyangnya.
Teori kedua berasal dari Charles Darwin, menurut teori Darwin mengatakan pada mulanya jerapah memiliki leher yang bervariasi ada yang pendek dan ada yang panjang, jerapah berleher pendek mati karena berkompetisi untuk mendapatkan makanan maka hanya jerapah berleher panjang yang bisa bertahan hidup (survive) dan menghasilkan keturunan selanjutnya yang berleher panjang.
Sampai saat ini kedua teori dikatakan sebagai Pro dan Kontra tentang masalah evolusi. Namun dari penjabaran diatas dapat disimpulkan bahwa Lamarck menggunakan evolusi progresif karena mempertahankan hidup (survive) sedangkan Darwin menggunakan evolusi regresif karena yang lemah akan punah.

http://gurungeblog.wordpress.com/2009/01/05/evolusi-makhluk-hidup/

Hermanto, Bambang. 2012. Supertrik Biologi SMA. Jakarta: Pustaka Widyatama




1 comments:

rezt_zek3 said...

tambahan... makro evolusi itu tidak ada, di saaat ini kita sudah mngenal DNA maka teori evolusi itu sendiri runtuh ..

Post a Comment