Friday, December 27, 2013

Pendapat Tentang Jurnal Online Identity


IDENTITAS PEREMPUAN DALAM SOCIAL MEDIA
(Studi Analisis Wacana Konstruksi Identitas Online Perempuan Dewasa Awal dalam Situs Jejaring Sosial Facebook)
            Dalam jurnal mengenai Identitas Perempuan dalam Social Media, penulis lebih terfokus pada salah satu Social Media yang sangat populer yaitu Facebook. Penulis menggunakan metode analisis wacana sebagai pendekatan analisis yaitu metode analisis wacana Teun Van Dijk. Peneliti menggunakan Facebook untuk mencari beberapa informan, memperoleh informasi dari wawancara mendalam dengan informan dan menganalisa dari berbagai sudut pandang untuk mengetahui online identity peranan perempuan dewasa (informan/pemilik akun Facebook) di Facebook. Tabel penyajian data informan terdiri dari nama informan, pesan dalam update status, profil yang ditampilkan berdasarkan peran, presentasi diri perempuan. Beberapa hal yang diperhatikan dalam penelitian, yaitu:
 1. Segi teks dalam profil Facebook
Setidaknya ada lima jenis pesan teks yang disampaikan pengguna Facebook, yaitu curahan hati; aktivitas atau kegiatan yang dilakukan; emosi; hiburan dan informasi.
2. Faktor-faktor pendorong
Penulis jurnal ini menemukan dua faktor yang yang mempengaruhi permaianan identitas, yaitu faktor internal dan faktor eksternal.
3. Identitas Online dan Identitas Offline
Memang tidak bisa dipungkiri bahwa Social Media sudah menjadi bagian terpenting dari kehidupan manusia di seluruh dunia saat ini. Dengan adanya internet dan smartphone lebih memudahkan manusia untuk mengakses Social Media dimanapun dan kapanpun. Dengan mudahnya setiap manusia bisa meng-update status dan mengunggah foto ke Social Media yang dimiliki atau lebih khususnya pada Facebook yang sedang kita bahas.
Menurut pendapat saya, isi dari jurnal ini menarik karena mengambil judul yang sesuai dengan kehidupan manusia dalam menggunakan Facebook saat ini. Banyak orang yang menggunakan Facebook dan ada permainan identitas di dalamnya. Identitas yang ditampilkan dalam Facebook (khususnya perempuan dewasa awal) merupakan bagian dari sisi kehidupan di dunia nyata. Terkadang banyak juga perempuan dewasa awal yang menampilkan sisi baik dalam identitas online walaupun tidak sesuai dengan dirinya, ini dilakukan untuk pencitraan diri yang baik dihadapan orang-orang. Akan lebih baik jika Social Media (Facebook) digunakan untuk berbagi informasi yang bermanfaat bagi banyak orang walaupun tidak bisa dipungkiri bahwa banyak juga yang menggunakan Facebook untuk meluapkan emosi yang seharusnya tidak disampaikan di Social Media karena dapat memancing permasalahan akibat tutur kata yang ditulis.
Sumber :

0 comments:

Post a Comment