Friday, October 10, 2014

Pemahaman Mengenai Psikologi Manajemen (Tugas 1)

I.                 Unsur Psikologis dalam Manajemen
1.      Planning
Dalam melakukan planning, unsur psikologis yang dilibatkan adalah unsur kognitif (kemampuan berfikir) karena dalam planning kita membutuhkan pemikiran untuk menentukan tujuan, target dan strategi dalam organisasi.
2.      Organizing
Dalam melakukan organizing, unsur psikologis yang dilibatkan adalah unsur kognitif (kemampuan berfikir) karena dalam organizing kita membutuhkan pemikiran untuk menetapkan struktur organisasi, tugas dan menempatkan sumber daya manusia pada posisi yang tepat.
3.      Actuating
Dalam melakukan actuating, unsur psikologis yang dilibatkan adalah unsur kepribadian (kemampuan mengelola diri pribadi) dan unsur sikap kerja (kemampuan menanggapi tuntutan pekerjaan) karena dalam actuating kita membutuhkan seorang manajer yang memiliki jiwa kepemimpinan untuk mendorong semua karyawan untuk bekerja dengan baik dan untuk merealisasikan strategi yang sudah dibuat kita harus memiliki kemauan untuk mencapai target serta dibutuhkan ketelitian dalam melakukan setiap pekerjaan.
4.      Controlling
Dalam melakukan controlling, unsur psikologis yang dilibatkan adalah unsur kognitif (kemampuan berfikir), karena dalam controlling kita membutuhkan pemikiran untuk mengevaluasi keberhasilan yang dicapai dan apabila ditemukan penyimpangan maka akan dilakukan alternatif strategi sebagai solusi.

II.                Perilaku yang Muncul dalam Manajemen
1.      Planning
a.  Menentukan serangkaian tindakan dan kegiatan untuk mencapai hasil yang diharapkan
b.   Menentukan tujuan dan target
c.   Menyusun strategi yang akan dilakukan untuk mencapai tujuan dan target
d.   Menentukan standar keberhasilan dalam pencapaian tujuan dan target
e.  Menentukan tujuan dan target serta strategi alternatif untuk mengantisipasi tujuan, target, dan strategi utama
2.      Organizing
a.  Menetapkan susunan atau struktur organisasi untuk melakukan kegiatan dan bertanggung jawab pada setiap tugasnya
b.   Menempatkan sumber daya manusia pada posisi yang paling tepat
c.  Menetapkan tugas yang akan dilakukan oleh sumber daya manusia sesuai dengan posisinya
d. Menetapkan fungsi dari sumber daya manusia sesuai dengan posisinya
e.   Melakukan kegiatan merekrut, menyeleksi, pelatihan sumber daya manusia
f. Menentukan sumber daya (sumber daya alam, sumber daya manusia, informasi, modal) yang diperlukan untuk mencapai target
3.      Actuating
a.   Mengupayakan semua anggota bekerja sesuai bidangnya dengan berusaha untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan
b.    Mengupayakan untuk merealisasikan rencana atau strategi yang sudah dibuat
c.     Memotivasi setiap karyawan untuk melaksanakan kegiatan dalam organisasi, yang sesuai dengan peran, tugas dan tanggung jawab
4.      Controlling
a.    Memastikan seluruh kegiatan yang telah direncanakan berjalan sesuai harapan
b.  Mengevaluasi keberhasilan mencapai tujuan sesuai dengan standar yang sudah dibuat
c. Mengambil langkah lebih lanjut jika ditemukan berbagai penyimpangan
d.  Melakukan alternatif solusi atas berbagai masalah yang ditemukan

III.             Sistem Manajemen
Saya mempelajari sistem manajemen pada Departement Security di salah satu perusahan ternama yang berada di Jakarta Timur. Saya mempelajari manajemen keuangan, manajemen waktu kerja, manajemen SDM (Sumber Daya Alam), manajemen keamanan.
1.      Manajemen Keuangan
Sistem keuangan untuk biaya pengeluaran sudah direncanakan 6 bulan sebelumnya dan dimasukkan ke dalam sistem komputer. Untuk sistem pencairan uang ada persyaratan yang harus dilakukan, untuk pencairan uang maksimal 5 juta rupiah pihak security harus mendapat persetujuan dengan tanda tangan manajer, untuk pencairan uang maksimal 25 juta rupiah pihak security harus mendapat persetujuan dengan tanda tangan manajer dan kepala divisi, untuk pencairan uang maksimal 100 juta rupiah pihak security harus mendapat persetujuan dengan tanda tangan manajer, kepala divisi, dan direktur keuangan.
Sistem keuangan untuk keperluan kegiatan yang dilakukan oleh Department Security seperti mengikuti lomba, pengawalan polisi, dan dinas luar, pihak security mengajukan pencairan sejumlah uang ke bagian keuangan lalu bagian keuangan akan mengeluarkan surat yang menyatakan pencairan uang di kasir.
Sistem keuangan untuk pembelian barang, pihak security mengajukan barang yang akan dibeli beserta spesifikasi barang ke bagian pembelian kemudian bagian pembelian yang melakukan transaksi pembelian barang sesuai barang yang telah diajukan oleh pihak security.
2.      Manajemen Waktu Kerja
Waktu kerja yang ditetapkan pada Department Security di perusahaan ini sesuai dengan aturan Departemen Tenaga Kerja. Waktu kerja pada Department dibagi menjadi 3 shift: shift 1 bekerja mulai pukul 07.00-15.00, shift 2 bekerja mulai pukul 15.00-23.00, shift 3 bekerja mulai pukul 23.00-07.00.
3.      Manajemen SDM (Sumber Daya Manusia)
Dalam melakukan perekrutan akan dilakukan tes pertama oleh HRD (Human Resources Development) apabila dinyatakan lulus tes pertama maka selanjutnya akan diserahkan kepada pihak security untuk tes selanjutnya yaitu tes fisik oleh pihak security.
Persyaratan yang harus dipenuhi jika ingin menjadi SDM yaitu: minimal pendidikan SMA sederajat, tinggi badan minimal 170 cm, berat badan ideal, tidak memiliki tato, tidak cacat, tidak berkacamata, tidak buta warna, memiliki kemampuan bela diri dan lulus seleksi tes fisik.
4.      Manajeman Keamanan
Segala aturan tertulis dalam SOP (Standar Operasional Prosedur) demi terjaganya keamanan. Alat-alat yang digunakan untuk menunjang keamanan yaitu: CCTV, alat patroli, alat cek body, senter, HT (Handy Talky) atau radio komunikasi, borgol, tongkat security.


0 comments:

Post a Comment