Tuesday, November 3, 2015

Sistem Informasi Psikologi dan Penerapannya (Tugas 2)

Sebelum membahas mengenai Sistem Informasi Psikologi, terlebih dahulu kita membahas sedikit mengenai sistem informasi dan psikologi secara umum. Sistem informasi secara umum adalah kombinasi dari teknologi informasi dan aktivitas orang yang menggunakan teknologi itu untuk mendukung operasi dan manajemen. Dalam arti yang sangat luas, sistem informasi istilah yang sering digunakan untuk merujuk pada interaksi antara orang, proses algoritmik, data, dan teknologi. Psikologi adalah sebuah disiplin ilmu yang berfokus pada perilaku dan berbagai proses mental (Wade dan Tavris, 2008).

Definisi sistem informasi psikologi yang dikemukakan oleh Kurniawati
1.    Sistem informasi psikologi adalah suatu bidang kajian ilmu yang mempelajari tentang hubungan antara ilmu psikologi itu sendiri dalam kaitannya dengan penggunaan komputer dan aplikasinya dalam bidang psikologi.
2.  Sistem informasi psikologi adalah suatu sistem yang menyediakan informasi-informasi yang berkaitan dengan ilmu psikologi yang dapat dijadikan untuk meningkatkan penguna dalam pengambilan suatu keputusan terhadap penelitian, perencana, dan pengelolaan.

Penerapan sistem informasi dalam bidang Psikologi
1. Banyaknya perusahaan yang memanfaatkan adanya sistem informasi untuk merekrut karyawan dengan menggunakan software, salah satunya adalah tes Papikostick yang mengukur kebutuhan dan persepsi seseorang di tempat kerja.
2. Banyaknya situs-situs yang menyediakan tes intelegensi salah satunya adalah http://iqtest.dk/main.swf

Sumber :
Wade, C., & Tavris, C. (2008). Psikologi Jilid 1 edisi 8. Jakarta: Erlangga.

0 comments:

Post a Comment